life is full colour

life is full colour

Rabu, 06 Oktober 2010

SURAT CINTA UNTUK OIK (cerpen)

SURAT CINTA UNTUK OIK (CERPEN)
Surat cinta untuk oik

Ketika ku mulai melangkah kan kaki menuju tempat yang asing bagi ku
Aku mulai ragu untuk memulai nya
Tapi ketikaa ku melihat wajah cantik kamu tersenyum menyapa indah nya pagi
Aku mulai memantap kan hati untuk berusaha beradaptasi dengan lingkungan baru
Hari demi hari berlalu
Aku merasa ada sesuatu yang baru dalam hidup aku dalam hati aku ketika aku mulai dekat dengan dirimu
Dirimu memberi warna yang indah dalam hidup aku
Memberi  warna pelangi dalam setiap hari hari ku.
Mungkin ketika kau membaca surat ini kita sudah terpisah oleh takdir yang tak bisa kita bantah
Tapi aku mau bilang kalau aku sayang sama kamu. andai aku tidak menjadi seorang pengecut aku pasti telah memiliki dirimu seutuh nya.
Jaga diri mu baik baik. Terus tersenyum untuk menyapa indah nya hari.
                                                                                               
                                                                                                                                                                Bye,
                                                                                                                                                                Obiet

berkali kali oik membaca surat itu. kini ia berdiam diri menatap indah nya bintang yang menyinari malam ini. Iya hanya sendiri. Oh tidak, bersama secarik kertas yang sudah agak lecek. Surat itu kini menjadi sahabat yang selalu menjadi teman kemana pun ia pergi. Iya surat itu sangat berharga bagi oik. Jelas karna surat itu pemberian orang yang sangat dekat sekali dengan oik. Nama nya obiet. Oik dan obiet berteman dekat sejak smp kelas 2 ketika itu obiet adalah siswa pindahan dari jawa timur. Oik merupakan orang yang merespon baik kehadiran obiet disekolah baru nya jadilah mereka sahabat yang bisa di bilang deket banget. Obiet pun punya sahabat yang bisa dibilang ga kalah deket nya sama oik. Nama nya lintar. Dia adalah tetangga baru obiet yang kebetulan juga sekolahan mereka sama jadi mereka bisa deket dan menjadi sahabat baik.
“oik, pulang yukk. Udah malam nih. Besok kita kan harus sekolah. Besok aku janji deh bantuin kamu cari lintar dan obiet.” Ajak cahya sahabat oik.
“janji ya, cahya.” Harap oik.
“iya cahya janji deh sama oik. Tapi kita sekarang pulang ya.” bujuk cahya lagi.
Ia sejak 1 minggu persis nya setelah oik terima surat dari obiet itu ia tidak dapat kabar sedikit pun tentang obiet. Ia sudah berusaha untuk hubungi hp nya tapi tidak ada jawaban. Ia coba kerumah nya tapi rumah nya kosong. Lintar, sahabat obiet pun sudah menjadi sasaran oik untuk cari obiet. Tapi lintar selalu bilang ga tau dan ga tau. Pihak sekolah pun merasa khawatir dengan ketidak hadiran obiet. Karna obiet merupakan salah satu siswa terbaik disekolah itu. oia… obiet, oik, lintar, dan cahya kini duduk di kelas 2 SMA intel.
Oik pulang kerumah dan kembali berharap agar ia dapat mengetahui kabar obiet sekarang. Dia pengen bilang ke obiet kalau sebener nya dia juga sayang banget sama obiet. Oik berbaring di kasur nya sambil memeluk boneka piglet pemberian obiet pada saat ulang tahun nya yang ke-15.
KEESOKAN HARI NYA.
Oik datang kesekolah pagi pagi sekali. Dia langsung nongkrong di depan kelas obiet berniat nungguin kehadiran obiet. Tapi harapan nya pupus. Ga ada tanda tanda sedikit pun kehadiran obiet. Oik sangat kecewa. Dia kangen banget sama sosok obiet yang penuh keceriaan dan dewasa. Tapi kini dia tidak menemukan itu disekolah.
Berkali kali oik menatap keluar jendela. Berharap sosok obiet lewat kelas nya. Tapi harapan itu pun pupus.
ISTIRAHAT
Bel istirahat pun berbunyi. Oik masih terus berharap dapat menemukan sosok obiet tapi ga pernah ia temukan.
“ik, kantin yuk.” Ajak cahya.
“cahya, loe kan udah janji sama gue mau bantuin cari obiet sama lintar. Loe mau ga nemenin gue cari mereka?”
“hari ini obiet ga masuk tadi pagi gue udah Tanya seksi absensi kelas dia.”
“udah hampir 2 minggu dia hilang. Kemana ya dia?” oik khawatir.
“loe sabar ya, ik. Hmmm… sekarang gue temenin loe ketempat lintar aja yuk.” Ajak cahya.
Cahya dan oik pun bergegas ke kelas lintar. Tapi kelas nya kosong. Anak anak di kelas itu sedang ada pelajaran di ruang lab biologi.
“kosong, ik. Gimana?” Tanya cahya.
“ya udah deh. Pulang sekolah aja gue ketemu lintar nya.”
“oia udah, kantin yuk. Tadi pagi loe ga sarapan kan?” ajak cahya.
“yuk.”
@kantin.
Cahya mesenin oik bubur tapi bukan nya dimakan bubur itu malah ia aduk aduk. Ga ada 1 suap bubur pun masuk ke dalam mulut nya. Ia terus terusan mikirin obiet. Ia kangen makan bubur bareng obiet di kantin ini tiap istirahat.
Pelajaran selanjut nya tidak oik ikutin dengan baik. Walau raga nya berada di kelas itu tapi pikirannya sedang berkelana mencari obiet.
Pelajaran b.inggris selama 2 jam pelajaran ini pun ia lewat begitu  saja tanpa ada 1 materi pun yang ia terima. Setelah bel berbunyi ia langsung bergegas keluar untuk mencari sosok lintar. Ia menemukannya tepat saat lintar keluar kelas dengan tergesa gesa.
“lintar…”
“oik?”
“lintar please loe tau kan dimana obiet? Gue mohon loe kasih tau ke gue dimana obiet. Gue kangen sama dia. gue sayang sama dia. loe tega sama gue, tar?” lintar ga jawab pertanyaan oik. Dia langsung lari ninggalin oik. Oik ga tinggal diam. Dia lari ngejer lintar.
“lintar… tunggu. Loe tega sama gue. Kalau obiet sayang sama gue dia ga mungkin rela liat gue kaya gini, tar. Gue sayang sama dia. gue pengen ketemu sama dia.” teriak oik. Teriakan oik tadi sukses buat lintar berhenti sejenak lalu berbalik nyamperin oik dan langsung narik tangan oik.
“tar, mau kemana?” Tanya oik
“loe mau tau obiet dimana kan? Mendingan loe ikut gue. Sekarang naik.” Kata lintar memerintahkan ketika mereka sampai di depan motor lintar. Oik nurut ia tau lintar akan bawa nya ketempat obiet sekarang.
Rasa cemas, was was, dan khawatir yang sekarang ada di pikiran dan benak oik. Ia ingin segera melihat senyum obiet yang selalu membuat dia kangen dan selalu membuat ia merasa tenang dan nyaman. Perjalanan yang cukup jauh membuat perasaan itu makin berkecamuk di benak nya. Ingin segera semua nya meledak dan menjadi senyuman indah di wajah oik yang manis.
Jauh dari pikiran yang selama perjalan tadi. Kini ia berdiri tepat di depan sebuah Rumah sakit terkenal di kota ini. Oik terdiam sesaat dan mulai menyadari tangan lintar kembali menarik nya untuk segera masuk kedalam.
“ayo masuk.” Ajak lintar lembut beda dengan kelakuaan nya tadi saat narik oik.
Kini mereka berdiri di depan sebuah kamar VIP .
“tar, kita mau kemana?” Tanya oik ragu.
“loe mau ketemu obiet kan?” oik hanya mengangguk.
“iya disini tempat nya. Yuk masuk. Loe tenang ya.”
Mereka pun masuk ke dalam kamar itu. dan semua yang oik rasakan tadi meledak. Kini dirinya berdiam diri di ambang pintu begitu melihat siapa yang terbaring lemas dengan berbagai alat alat medis yang ada di seluruh bagian tubuh nya.
“tante, gimana keadaan obiet hari ini?” sapa lintar ketika masuk ke dalam kamar itu. sedangkan oik masih berdiam diri kaget dengan apa yang ia lihat.
“ya seperti yang nak lintar liat. Loh itu oik kan? Masuk, nak.” Sapa ibu nya obiet begitu melihat oik.
“obiet sakit apa, tan?” Tanya oik yang siap membuat bendungan di kelopak matanya.
“dia sakit leukemia.” Jawab ibunda obiet.
“stadium?” Tanya oik ingin tahu.
“akhir.” Jawab lintar.
Oik mulai menghampiri tubuh obiet yang terbaring lemah tak berdaya.
“obiet, kok loe ga cerita sih? Loe sayang sama gue? Tapi kenapa loe malah buat gue kaya gini? Gue pengen kita sahabatn kaya dulu lagi. Kita makan bubur bareng lagi. Kemana mana bareng lagi. Loe kuat ya, biet. Loe harus sembuh. Gue tau kok loe orang yang ga gampang nyerah. Loe orang yang kuat.” Oik berusaha menenangkan dirinya. Bendungan di kelopak mata nya sudah penuh terisi air hingga semua nya tumpah.
“oik sayang obiet. Obiet harus kuat.” Oik terus menggenggam erat tangan obiet. Ketika oik makin erat menggenggam tangan obiet. Tangan obiet seperti bergerak gerak.
“ooo…iii…kkk…” panggil obiet.
“obiet? Kamu udah sadar. Makasih Ya Allah.”
“oo…iik.. ma..af.. se..la..ma.. ini.. o..bie.t ga gen..tle… ma..ka..sih ya u..da… bu..at.. ha..ri…ha..ri o..biet.. ja..di.. pe..nuh… war..na.” ucap obiet terbata bata.
“iya oik akan selalu memberikan warna buat obiet kok. Sekarang obiet ga usah banyak gerak dulu. Obiet harus kuat. Obiet dulu pernah janji akan jadi sahabat sejati oik. Obiet harus kuat. Oik sayang obiet.”
“ma..ka..sih.. ya.. lintar… loe.. ja..ga..in o..ik ya.. ja..ngan.. bi..ar.. kan a..ir ma..ta nya me..ngalir. bi..ar kan.. di..a men..cin..tai… o..rang.. lain.. yang… le..bih.. sem..pur..na..”
“loe yang akan hapus air mata dia. bukan gue. Gue ga punya hak apa apa. Loe harus kuat demi kita semua. Demi cita cita loe, biet. Loe harus kuat.”
“gu..e.. ca..pe.. lin..tar.. gue.. mau… is..ti..ra..ha..t.. i..nget.. pe..se..n.. gu..e ya.. gu..e cape..” obiet mulai menutup matanya. Perlahan lahan. Oik merasa tangan obiet semakin dingin dan terasa kaku. Dilihatnya alat alat medis yang ada disitu. Semua nya menunjukkan berhenti. Segera lintar memanggil dokter. Oik langsung memeluk obiet sedangkan bunda nya obiet menangis di sofa. Tidak ingin melihat anak nya telah terbujur kaku seperti itu.
Ketika dokter datang dan memeriksa nya. Tapi jawaban nya hanya gelengan kepala. Suster pun mencabut semua alat yang menempel pada tubuh obiet dan menutup tubuh obiet dengan kain putih.
“obietttttttttttttt….” Teriak oik yang kini sedang berada dalam pelukkan lintar.
Mereka memang terlalu dekat dan sulit bagi mereka untuk terpisahkan. Namun sakit yang obiet derita membuat takdir nya harus berpisah dengan obiet. Menutup buku mereka berdua dengan sad ending. Tapi ini bukan yang terakhir bagi oik. Ia harus menatap kedepan itu juga demi obiet. Orang yang paling ia sayang.
@pemakaman.
Semua yang datang ke pemakaman obiet sedih dan masih dengan perasaan yang tidak menyangka. Obiet adalah sosok orang yang kuat, ga pantang menyerah, baik hati, ramah, pinter, sopan dan segala nya kini telah pulang ke tempat semula nya. Kini SMA intel kehilangan 1 siswa yang paling banyak mengirim piala untuk sekolah nya.
“selamat jalan obiet. Kita semua sayang kamu.” ucap teman teman obiet kompak.
“oik akan selalu tersenyum buat obiet. Andai waktu dapat di putar oik akan minta oik yang sakit bukan obiet. Karna oik sayang obiet. Oik belum bisa buka hati oik buat siapa pun. Karna cuman ada obiet di hati oik sekarang. Dan nanti. Selamat jalan. Obiet janji akan selalu ada disamping oik kan?” air mata oik sudah tidak jatuh lagi namun hati nya masih saja sedih dan menangis.
“makasih ya bro. loe udah ngajarin gue banyak hal. Secepet nya gue bakal nembak nova. Maaf ya gue nembak pas loe udah ga ada bareng gue. Karna gue belum cukup punya nyali buat nembak dia. tapi gue tau kok, di atas sana loe pasti liat gue nembak nova nanti. Bantu in gue ya, bro. selamat jalan my best friend.”
Oik dan lintar tersenyum ke atas sana. Berharap obiet pun membalas senyum mereka.
-THE END-
Pesen penulis : jaga orang yang kita sayang, bahagia kan dia, jangan sedikit pun mengecewakaan nya. Karna penyesalaan datang terlambat. Penyesalaan datang disaat dia udah ninggalin kita. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar