life is full colour

life is full colour

Rabu, 06 Oktober 2010

KASIH SAYANG KA SILA

KASIH SAYANG KA SHILA (CERPEN)
KASIH SAYANG KA SILA
“via, gue bilang apa. Loe itu ga pantes masuk sekolahan yang sama kaya gue dulu. Loe tuh ya.”
“ka, bisa ga sih kita ga usah berantem terus. Gue cape,ka. Gue cape.” Kata via sambil lari ke kamar nya.
Sejak mereka SMP hubungan adik dan kaka diantara mereka merenggang. Entah karna ego masing masing atau karna hal lain. Tapi malam ini semua nya menjadi memuncak baik sivia atau pun sila (kaka nya sivia) sudah sangat capek dengan pertengkaran ini.
@kamar sivia.
‘gue cape , ka. Harus berantem terus sama loe. Gue kangen loe yang dulu. Gue iri sama ify dan ka angel yang selalu akur dan kemana mana bareng, shopping bareng, saling ngasih masukan. Gue kangen ka sila yang dulu.’
Via beranjak menuju meja belajar nya dan mengambil sebuah album foto didalam lemari nya di tumpukan paling bawah. Album foto itu berisi foto foto ketika sila dan sivia masih kecil hingga SMP. Peredaan umur mereka cuman terpaut 1 tahun. Di dalam album foto itu masih banyak halaman kosong setelah foto sivia ketika kelas 6sd dan sila yang baru memakai seragam SMP nya. Sejak sivia masuk di SMP yang sama dengan sila hubungan mereka renggang. Entah apa yang membuat mereka seperti itu. yang jelas sila ga suka adik nya sekolah di sekolah yang sama dengan diri nya. Sama seperti hari ini.
-flash back-
Hari ini sekolah via sedang mengadakan sosialisasi PTN. Sosialisasi nya itu dari alumni sekolah itu yang masuk PTN PTN terkenal. Sila yang merupakan alumni disekolah itu pun ikut bersosialisasi.
Waktu sosialisasi pun tiba. Ditengah lapangan sudah berdiri stand stand PTN terkenal di Indonesia. Sila berdiri di Stand UI.
“sil, itu adik loe kan?” Tanya zevana yang merupakan teman sila di kampus.
“mana?”
“itu. yang bareng rio.” Tunjuk zevana kea rah rio dan sivia.
Rio adalah mantan KETOS di SMA itu. sekaligus cowo pujaan semua cewe di sekolah itu tidak terkecuali sila. Sila sebel ngapain adik nya deket deket sama rio. Hal yang kaya gini yang sila takutin kalau sivia adik nya itu sekolah di sekolahan yang sama.
Setelah acara nya selesai.
“via…” panggil sila.
“kenapa, ka?”
“ngapain tadi loe deket deket rio?”
“ka rio yang deketin via dulu, ka.”
“ALAH!! Nge les aja loe. Loe tau kan dari dulu gue suka sama dia. ngapain sekarang loe malah ke ganjenan deketin dia. sok akrab lagi.”
“sumpah, ka. Via ga deketin ka rio duluan. Ka rio yang deketin via duluan.”
“ALAH!! Gue ga percaya sama loe. Udah sana loe pulang naik bus. Gue ga sudi mobil gue dinaikin sama orang pembohong kaya loe.” Emosi sila memuncak dan mendorong via menjauh dari mobil nya. Sila pun langsung memacu mobil nya.
-falshback end-
@kamar sila.
‘sikap gue udah keterlaluan sama via. Gue harus minta maaf sama dia. dia satu satu nya saudara kandung gue. Jujur gue sayang sama dia. toh yang tadi siang juga ga ada hak gue marah marah sama dia. gue bukan mantan atau pacar rio. Gue cuman pengagum dia aja. Gue yang bodoh. Tega nyuruh ade kandung gue sendiri naik bus yang kotor, bau dan sumpek. Sedangkan gue enak enakan naik mobil yang wangi dan full AC. Kaka macam apa gue ini.’ Sesal sila di kamar nya sambil mukulin dirinya sendiri pake bantal.
***
KEESOKAN HARI NYA.
@meja makan.
“vi, hari ini gue anterin loe kesekolah ya.” kata sila ketika mereka sudah ada di meja makan.
“kaka ga keberatan? Atau ga takut telat masuk kelas nya?” Tanya via meyakinkan tawaran kaka nya tadi.
“ga kok. Gue masuk siang hari ini. Dosen pagi nya ga masuk. Udah buru habisin roti nya ntar loe lagi yang telat.”
Via buru buru menyelesaikan roti nya. Via pun membawa roti nya di kotak bekal untuk iel sahabat nya. Maklum iel anak kost.
@mobil.
“vi, maafin sikap kaka yang tadi malam ya.”
“maafin via juga ya, ka. Kalau via udah sering buat kaka kesel.”
“kaka mau hubungan kita erat lagi kaya dulu. Kaka cape kalau harus musuhan sama adik kandung kaka terus.” Kata sila sambil ngacak ngacak rambut via.
“via juga, ka.” Kata via sambil tersenyum.
Mereka bersenda gurau sampai mereka tiba di sekolah via.
“vi, pulang nya kaka jemput ya. kaka mau ngajak loe jalan jalan ke dufan.”
“serius ka? Asyik… sippp deh, ka.” Kata via sambil keluar dari mobil sila dan melambaikan tangan nya.
“via…” panggil ify ketika mereka ketemu di koridor menuju kelas mereka.
“eh, ify…”
“happy banget loe pagi ini, vi.”
“akhirnya gue baikan sama ka sila. Dan nanti gue mau kedufan bareng dia.” senyum terus terusan mengembang di wajah cantik via.
“wah, selamat ya, vi. Gue juga seneng denger nya.”
“makasih ya, fy. Eh, gue mau ketempat iel dulu ya ma ngasih roti buat dia.”
“cieee…”
“apa sih? Ya udah gue duluan.”
PULANG SEKOLAH.
“vi, gue duluan ya.” kata ify melambaikan tangan ketika lihat sopir nya udah nunggu setia di depan gerbang.
“iya. Hati hati ya, fy.” Membalas lambaian tangan ify.
15 menit kemudian.
“ka sila mana sih? Lama banget.”
Akhir nya yang di tunggu pun dateng. Mobil jazz putih masuk ke halaman sekolah via.
“maaf telat, vi. Tadi macet. Dijalan ada tabrakan.” Kata sila ketika via masuk ke mobil mereka.
“iya ga papa kok, ka.”
Selama menuju perjalan ke dufan mereka asyik nyanyi nyanyi.
@dufan
Mereka puas puasin nyobain semua wahana yang ada dufan.tanpa terkecuali. sampai akhirnya mereka merasa lelah.
“vi, kaka cari minum dulu ya. kamu tunggu disini ya.” sila beranjak dari tempat duduk tempat via duduk.
Via duduk sambil mainin hp nya dan berusaha buat ngatur nafas nya agar normal kembali.
10 menit berlalu
15 menit berlalu
30 menit berlalu
“ka sila mana sih kok ga balik balik. Beli minum dimana? Lama banget.” Gerut via BT. Lagi lagi via lirik kearah jam tangan nya.
“sudah hampir sejam ka sila ga balik balik juga.” Gerut via lagi.
Tak mau lagi aku percaya
Pada semua kasih sayang mu…
Tak mau lagi aku tersentuh
Pada semua pengakuan mu…
Hp via berdering tanda telepon masuk.
Mamah calling itu lah yang tertera dalam layar HP via.
“halo, mah.” Sapa via.
“halo via. Kamu dimana sayang?”
“via di dufan.”
“cepet pulang nak.”
“nanti dulu mah. Via lagi bareng ka sila. Dari tadi ka sila beli minum tapi ga balik balik, mah.”
“ka sila sudah meninggal sayang.”
JDERRRR. Badan via lemas. Hp yang di genggaman nya serasa ingin jatuh.
“tapi tadi via bareng ka sila mah. Via bareng ka sila nyobain semua wahana di dufan mah.”
“ka sila kecelakaan, nak. Sewaktu menuju kesekolah kamu. kamu segera pulang ya, nak.”
“ga mah ga.”
“mamah ceritakan dirumah ya sayang.”
Sambungan pun terputus. Via masih ga percaya kalau kaka nya telah tiada. Tapi tadi kaka ya yang bawa ia ke dufan dan nyobain semua wahana disini.
Via pun langsung pulang ke rumah nya dengan perasaan yang kacau banget.
@rumah.
Terlihat keramaian orang di rumah via. Muka via sudah merah mata nya pun sudah sayu karna nangis sepanjang jalan. Ketika ia mulai masuk rumah di lihat nya sesosok mayat ditutup dengan kain putih. Via berusaha mendekat walau tak sanggup. Pelan pelan ia buka kain putih yang menutupi wajah cantik kaka nya itu.
“ka sila… ka sila… masih hidup.” Tangis via pecah ketika kain itu sudah terbuka. Dilihat wajah kaka nya yang cantik itu penuh dengan luka akibat kecelakaan yang menimpa nya hingga meninggal.
“ini bukan ka sila.” Teriak via lagi.
“sabar,nak. Ka sila sayang via. Ka sila mau kasih yang terbaik buat via.”
“tapi tadi via jalan bareng ka sila di dufan mah.”
“mungkin ka sila mau liat via tersenyum walau pun sebener nya dia udah ga di sini.” Mamah nya memeluk erat anak tercinta nya.
“ka sila mau kasih yang terbaik. Karna ka sila udah terlalu jahat sama kamu , vi. Semoga di dufan tadi bisa balas semua nya walaupun kurang, via. Kaka sayang via.” Ucap sila tepat di depan via dan mamah nya yang sedang berpelukan. Jiwa sila sudah tidak dapat dilihat oleh siapa pun. Jadi tidak ada yang tahu bahwa ada sila yang menyaksikan itu.
-THE END-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar